Membuat Sebuah Program Sederhana Menggunakan Switch-Case dalam Bahasa Java
Assalamualaikum Wr Wb.
Puji dan Syukur kita ucapkan atas kehadirat Allah SWT karena kita masih di beri nikmat, rahmatnya sehingga saya bisa menyelesaikan blog ini tepat pada waktunya. Pada bagian blog kali ini saya akan menjelaskan tentangn Switch Case.
1. Pengertian Switch Case
Switch Case adalah percabangan kode program dimana kita membandingkan isi sebuah variabel dengan beberapa nilai. Jika proses perbandingan tersebut menghasilkan True, maka block kode program akan di proses.
Switch Case adalah percabangan kode program dimana kita membandingkan isi sebuah variabel dengan beberapa nilai. Jika proses perbandingan tersebut menghasilkan True, maka block kode program akan di proses.
Kondisi Switch Case terdiri dari 2 bagian, yakni perintah Switch dimana terdapat nama variabel yang akan di periksa, serta 1 atau lebih perintah Case untuk setiap nilai yang akan di periksa.
Berikut ini contoh format dalam penulisan kondisi Switch Case dalam Bahasa Java.
Switch (nama variabel) {
case 1 :
// Kode program yang akan di jalankan jika nama variabel = 1
break ;
case 2 :
// Kode program yang akan di jalankan jika nama variabel = 2
break ;
case 3 :
// Kode program yang akan di jalankan jika nama variabel = 3
break ;
default :
// Kode program yang di jalankan jika tidak ada kondisi yang terpenuhi
}
Di awal kode program, terdapat perintah Switch untuk menginput variabel yang akan di periksa. Kemudian terdapat beberapa perintah Case yang di ikuti sebuah nilai.
Jika isi dari nama varibel sama dengan 1, Maka blok kode program akan di jalankan, jika ternyata tidak ada kondisi case yang terpenuhi, Maka blok kode default di baris bawah lah yang akan di eksekusi. Di dalam setiap block case, di akhiri dengan peintah Break, agar struktur Case langsung berhenti begitu kondisi terpenuhi.
Program Membuat List Bangun Datar.
Setelah kita mengetahui fungsi-fungsi dari Switch-case, selanjutnya kita akan membuat programnya.
Berikut ini contoh format dalam penulisan kondisi Switch Case dalam Bahasa Java.
Switch (nama variabel) {
case 1 :
// Kode program yang akan di jalankan jika nama variabel = 1
break ;
case 2 :
// Kode program yang akan di jalankan jika nama variabel = 2
break ;
case 3 :
// Kode program yang akan di jalankan jika nama variabel = 3
break ;
default :
// Kode program yang di jalankan jika tidak ada kondisi yang terpenuhi
}
Di awal kode program, terdapat perintah Switch untuk menginput variabel yang akan di periksa. Kemudian terdapat beberapa perintah Case yang di ikuti sebuah nilai.
Jika isi dari nama varibel sama dengan 1, Maka blok kode program akan di jalankan, jika ternyata tidak ada kondisi case yang terpenuhi, Maka blok kode default di baris bawah lah yang akan di eksekusi. Di dalam setiap block case, di akhiri dengan peintah Break, agar struktur Case langsung berhenti begitu kondisi terpenuhi.
Program Membuat List Bangun Datar.
Setelah kita mengetahui fungsi-fungsi dari Switch-case, selanjutnya kita akan membuat programnya.
/**
*Nama : Roni
*Kelas : TIF 1 B
*Politeknik Kampar
* Bagian ini merupakan komentar dan tidak akan di tampilkan di dalam Program.
*/
import java.util.Scanner;
public class percabangan3{
public static void main(String [] args){
System.out.println("========================");
System.out.println("===PROGRAN PERCABANGAN===");
System.out.println("========================");
System.out.println();
System.out.println("LIST BANGUN DATAR : ");
int listTerima;
Scanner input=new Scanner(System.in);
String bangundatar[]={"Luas Lingkaran", "Luas Persegi", "Keluar"};
System.out.println("1. "+bangundatar[0]);
System.out.println("2. "+bangundatar[1]);
System.out.println("3. "+bangundatar[2]);
System.out.print("Silahkan Masukkan No List yang akan dilakukan perhitungan : ");
listTerima=input.nextInt();
//percabangan
switch(listTerima){
case 1:
//menghitung luas lingkaran
System.out.println("Menghitung Luas Lingkaran : ");
System.out.println("================================");
System.out.print("Masukkan Jari-jari : = > ");
double jari2,luas,pi=3.14;
Scanner terimaL= new Scanner(System.in);
jari2=terimaL.nextDouble();
luas=pi*jari2*jari2;
System.out.println("Luas Lingkaran = "+luas);
System.out.println("=====================================");
System.out.println("Proses Melakukan perhitungan Telah Selesai ");
break;
case 2:
//menghitung luas persegi
int panjang,lebar;
Scanner terimaP=new Scanner(System.in);
System.out.println("Menghitung Luas Persegi");
System.out.println("=====================================");
System.out.print("Masukkan Panjang => ");
panjang=terimaP.nextInt();
System.out.print("Masukkan Panjang => ");
lebar=terimaP.nextInt();
luas=panjang*lebar;
System.out.println("Luas Lingkaran ="+luas);
System.out.println("==========================================");
System.out.println("Proses Melakukan perhitungan Telah Selesai ");
case 3:
//jika masukkan 3
System.out.println("Proses Telah Selesai Sistem Keluar");
System.exit(0);
default:
//jika masukkan salah
System.out.println("Maaf Tidak Ada Kode "+listTerima+"System Akan Keluar");
System.exit(0);
}
}
}
Fungsi kode "import java.util.Scanner;" pada baris pertama agar kita dapat menggunakan Scannner. Scanner berfungsi untuk mengambil input.
Pada baris ke 11-15 kita buat dulu perintah untuk menampilkan untuk kop judul, yang mana di sini kita bebas membuatnya sesuai keingiinan kita masing-masing. ".nextInt()" digunakan untuk tipe data integer, sedangkan "nextLine()" untuk tipe data String.
Pada baris ke 11-15 kita buat dulu perintah untuk menampilkan untuk kop judul, yang mana di sini kita bebas membuatnya sesuai keingiinan kita masing-masing. ".nextInt()" digunakan untuk tipe data integer, sedangkan "nextLine()" untuk tipe data String.
Berikut ini tampilan hasil Codingannya.
Komentar
Posting Komentar