Organisasi And Arsitektur Komputer

 Organisasi And Arsitektur Komputer



Hi Teman-teman, Selamat Datang di Blog saya, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Organisasi dan Arsitektur Komputer, Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan, Ada yang tau apa itu Organisasi Kmputer? Ya, Organisasi Komputer Adalah Keterkaitan setiap bagian-bagian dalam komputer, baik unit-unit operasional yang mendukung proses compute maupun proses interkoneksi antar komponen penyusun komputer. Selaiin itu kita juga harus mengetahui apa itu Arsitektur Komputer? Apa itu Arsitektur Komputer? Arsitektur Komputer adalah ilmu yang membahas atribut sistem yang dirancang oleh programmer untuk mendapatkan kinerja komputer yang optimal, Dengann kata lain dapat disimpulkan Arsitektur Komputer adalah: Perangkat komunikasi antara user(programmer) dengan komputer melalui bahasa pemrograman.

Objek Organisasi Komputer
  1. Unit-unit operasional komputer
  2. Hubungan antara komponen sistem komputer
  3. Tekhnologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal.
Fungsi Dari Komputer
  1. Fungsi Operasi Pengolahan Data 
  2. Fungsi Operasi Penyimpanan Data
  3. Fungsi Operasi Pemindahan Data
  4. Fungsi Operasi Kontrol.
Unit Fungsional Dasar Komputer
Ada 5 unit fungsional dasar dari komputer yaitu sebagai berikut:
  • Input
  • Memori
  • Arithmetic dan logic
  • Control
  • Output
Input diterima dari informasi yang diberikan pengguna melalui alat-alat input, misalnya keyboard dan mouse. Informasi ini lalu disimpan dalam memori komputer untuk penggunaan berikutnya atau proses selannjutnya yang dilakukan oleh Arithmetic dan Logic (ALU) atau bagian dari processor, untuk mendapatkan pengolahan yang diinginkan . Lalu, hasil pengolahan ini dirikim balik ke pengguna dengan alat Output seperti monitor dan speaker yang mana semua proses di atas tadi di koordinasi oleh Unit kontrol.

Struktur Dasar Komputer dan Strukur CPU
  • Control Unit berfungsi untuk mengontrol operasi CPU dan mengontrol secara keseluruhan
  • Arithametic and logic unit (ALU) berfungsi untuk membentuk fungsi-fungsi pemgolahan data komputer.
  • Register berfungsi sebagai penyimpanan iinternal bagi CPU
  • CPU Interconnection berfungsi untuk menguhungkan seluruh bagian dari CPU.


Arsitektur CPU

       Central Processing Unit merupakan inti dari sebuah komputer. Cpu berguna untuk menjalankan setiap instruski yang tersimpan dalam memori utama, Perkembangan tekhnologi Cpu dapat dibagi menjadi tiga asrsitektur  yaitu Arsitektur Babbage, Arsitektur Von Neuman dan Asritektur Modern.
  1. Arsitektur Barbbage
       Arsitektur ini diciptakan oleh Charles Babbage dengan memanfaatkan sistem mekanis, Digunakan untuk menjalankan soal algoritma dan penerapan bahasa pemrograma paling tua. Mesin Babbage dibagi menjadi empat bagian yaitu:

     #. Input Unit, menerima masukan data dari kartu berlubang.
     #. Storage Unit, Menyimpan data dengan kapasitas 1000 word (50 digit desimal). Unit ini                 berfungsi untuk menyimpan hasil operasi aritmatika dari proses unit.
     #. Procces Unit, Digunakan untuk melakukan pemrosesan data
     #. Output Unit, Untuk menampilkan hasil pengolahan data.



  2. Arsitektur Von Neumann
        Arsitektur ini diciptakan oleh John Van Neumann dan menjadi pelopor arsitektur komputer modern. Mesinnya menerapkan metode biner dan stored program yang menggantikan konstruksi mesin dengan banyak tombol dan kabel sehingga mesin berukuran lebih kecil, efisien dan cepat.


    Struktur Arsitektur Mesin Von Neumann


  3. Arsitektur Modren
        Pada arsitektur modern, Cpu dilengkapi dengan bagian register dan Input Ouput interconnection untuk mendukung kecepatan pemrosesan data.

    Struktur CPU Modren

Tingkatan Logika Mesin Komputer
  1.  Level 0 (Logika Digital) yaitu berupa rangkain gerbang logika dalam susunan hardware komputer.
  2. Level 1 (Arsitektur Komputer), terdiri atas rangkain dasar prosesor berupa ALU untuk melakukan operasi aritmatika. Pada level ini juga terdapat micro program sebagai interpreter perintah dari level diatasnya.
  3. Level 2 (Instruction Set Architecture/ISA) yaitu mengandung perintah atau isntruski data komputer.
  4. Level 3 (Sistem Operasi), Merupakan tingkat pada kondisi mesin yang diatur sistem operasi.
  5. Level 4 (Bahasa Assembler), Merupakan level dimana instruksi-instruksi program sudah mulai dikerjakan oleh programmer.
  6. Level 5 (Bahasa Tingkat Tinggi) Adalah level dimana programmer dapat melakukan pemrograman dengan bahasa yang lebih manusiawi agar lebih mudah dalam memberikan instruski.
Tingkatan Komputer Sebagai Mesin Enam level

Thanks:)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Form Login Dengan Menggunakan Netbeans IDE 8.2

Membuat Sebuah Program Sederhana Menggunakan Switch-Case dalam Bahasa Java

APP BAR (MOBILE PROGRAMMING)