Pengenalan Network Programming

 Network Programming


        Assalamualaikum Wr wb, Kembali lagi di blog saya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang network programming, apa sih itu network programming? Network pramming atau dengan sebutan lain socket programming merupakan prosesuntuk membuat aplikasi yang mampu untuk berkomunikasi berbasis client server. Java Socketprogramming sendiri digunakan untuk komunikasi antar banyak aplikasi yang berjalan pada JREyang berbeda. Yang mana pada prinsipnya untuk pemrograman dapat mengikuti socket programming membutuhkan 2 hal yang penting yang wajib kita ketahui yakni:

    1. Almat IP dari server.
    2. Nomor port.

Dengan mengetahui kedua hal di atas, selanjutnya kita akan melihat bagaimana aplikasi client server searag dimana clinet mengirim pesan, dan sever akan menerima dan kemudian server merima serta menampilkan nya ke monitor. Berikut ada dua kelas yang menggunakan Socket dan ServerSocket.

        Class Socket digunakan untuk berkomunikasi antara client dan server. Dimulai dari
class ini, kita akan memebaca dan menulis pesan. Sedangkan class ServerSocket digunakan pada
sisi server. Method accept() pada class ServerSocket akan menunggu hingga client terhubung.
Setelah client sukses terhubung, kemudian akan memberikan nilai balikan instan dari Socket
pada sisi server.


Class ServerSocket digunakan untuk membuat socket server yang mana objek ini dapat secara stabil berkomunikasi dengan banyak clinet.

        Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan beberapa Sourcode yang mana ada 4 buah Sourcode, yaitu sebagai berikut:
    1. MyServer.java
  • baris pertama berfungsi untuk membuat perintah supaya bisa memasukan input output
  • baris kedua berfungsi untuk membuat perintah agar program dapat dijalankan pada jaringan
  • baris ketiga menunjukan nama kelas
  • baris keempat membuka fungsi utama
  • baris kelima digunakan untuk mencoba menjalankan block program kemudian mengenai dimana muncuulnya kesalahan yang ingin diproses.
  • baris keenam membuat objek baru
  • baris sembilan membaca data dari input stream
  • baris limabelas menutup fungsi utama    

    2. MyClient.java

  • baris pertama berfungsi untuk membuat perintah supaya bisa memasukan input output
  • baris kedua berfungsi untuk membuat perintah agar program dapat dijalankan pada jaringan
  • baris ketiga menunjukan nama kelas
  • baris keempat membuka fuungsi utama
  • baris kelima digunakan untuk mencoba menjalankan block program kemudian mengenai dimana muncuulnya kesalahan yang ingin diproses.
  • baris sembilan menampilkan sebuah ouput atau tulisan "Hello Server"
  • baris limabelas menutup fungsi utama

    3.GetName.java

  • baris pertama berfungsi untuk membuat perintah agar program dapat dijalankan pada jaringan
  • baris kedua menampilkan nama kelas
  • baris ketiga membuka fungsi utama
  • baris keempat mengambil data dari localhost
  • baris kelima berfungsi untuk memanggil data yang ada di localhost
  • baris keenam berfungsi menampilkan data yang ada di localhost yaitu "Nama komputer anda : .... "
  • baris sembilan berfungsi untuk menutup kelas utama

    4. IptoName.java



  • baris pertama berfungsi untuk membuat perintah agar program dapat dijalankan pada jaringan
  • baris kedua berfungsi untuk menampilkan nama kelas
  • baris ketiga untuk membuka fungsi utama
  • baris keempat, pada baris ini kita menggunakan perulangan If dan pada baris selanjuntnya kita akan mencetak output "Pemakaian : data yang kita masukkan" dan sistem akan keluar.
  • pada baris sepuluh digunakan untuk mencoba menjalankan block program kemudian mengenai dimana muncuulnya kesalahan yang ingin diproses.
  • pada baris kesebelas kita akan memanggil alamat addres dari Codingan sebelumnya
  • pada baris ketigabelas kita akan mencetak sebuah output "Invalid ip"
  • pada baris keempatbelas sistem akan tetutup otomatis.
  • baris delapanbelas untuk menutup fungsi utama.

Baiklah mungkin hanya itu yang dapat saya jelaskan kepada teman-teman semuanya, semoga bermaanfaat. SEEE YOU:)









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Form Login Dengan Menggunakan Netbeans IDE 8.2

Membuat Sebuah Program Sederhana Menggunakan Switch-Case dalam Bahasa Java

APP BAR (MOBILE PROGRAMMING)